Sabtu, 02 Januari 2010

Pembuatan Animasi Standar anak Gundar

ANIMASI,, YEAH....!!!!


Hello teman - temanku semua! hmm disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa sih yang dinamakan dengan animasi? saya sendiri pun masih awam dalam hal pembuatan animasi ini..


Yaaa, mari kita baca sedikit mengenai pengertian animasi menurut beberapa orang :

1.
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup ( bergerak ), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar

jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak

2. animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis.

3. Animasi adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya animasi itu merupakan gambar yang bergerak! gambar yang berbentuk 2 dimensi itu kita buat seperti nyata, jadi ada pergerakannya gitu.. ada juga deskripsi yang menyatakan bahwa animasi itu merupakan film.. yup, semua film yang kita lihat tentunya merupakan gambar yang bergerak bukan?


Nahhh, disini akan saya beri penjelasan singkat untuk sejarah animasi !


Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik stop motion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga biaya yang banyak. Karenauntuk menciptakan animasi selama satu dektik, kita membutuhkan sebanyak 12-24 frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih.
J. Stuart Blackton mungkin adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion animation. Beberapa film yang telah diciptakannya dengan menggunakan teknik ini adalah The Enchanted Drawing (1900) dan Humorous Phases of Funny Faces (1906).
Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang, bermunculan animasi yang dibuat dengan teknologi komputer. Animasi itu macam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan, air dan api, dan sebagainya.
Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney. Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio, Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasi bersuara. Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di Colony Theatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasi berwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun 1932.
Film animasi merambah pula ke negara-negara Asia. Jepang misalnya juga telah mengambangkan film animasi sejak tahun 1913 dimana pada waktu itu dilakukan First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi di Amerika Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam perkembangan selanjutnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika dikenal dengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel. Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik. (Pmails/ Cesar Zehan Camille)



Nah!! disini saya akan memberi contoh tentang animasi yang saya buat menggunakan software 3DS max.. check it out!








Disini akan saya jelaskan sedikit mengenai cara pembuatan animasi ini:

1. Pertama - tama, gunakan software 3DS max (kalau bisa yang asli, stop piracy!) untuk membuatnya.
2. buat karakter bergambar anjing, saya sendiri menggunakan buku sebagai panduan yang sudah disertakan gambar anjingnya.. ^^
3. klik kaki - kaki anjingnya, kemudian pada tab Modify di klik kemudian klik Vertex.
4. beri cek pada Use Soft Selection, lalu beri nilai Fallof 30
4. setelah itu klik tab Modify, buka modifier List, pilih modifier Bend.
5. klik auto key, geser timeslader pada angka 10. aktifkan Bend Axis X, ber nilai angle = 50
6. lakukan hal yang sama, geser timeslader per 10 bar, kemudian ganti nilai angle = -50, lakukan berulang - ulang sampai timeslader mencapai angka 100, nah disini ganti angle nya menjadi 0.
7. selesai deh. jadi fungsi timeslader tersebut untuk menggerakkan kaki anjing, dan bend axis X itu sebagai bentuk dari perpindahan anjing tersebut.

selesai deh tugasnya! semoga bermanfaat buat teman - teman semua.

[IMG]http://i47.tinypic.com/2vu0iuo.jpg[/IMG]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar