Rabu, 17 Maret 2010

Yang terbaru: Adobe FleX Builder!


Adobe Flex merupakan framework dari Adobe yang digunakan untuk membuat RIA (Rich Internet Applications) yang berbasis flash player. Flex menggunakan bahasa baru, yakni MXML (Markup language based on eXtensible Markup Language). Flex berbeda dengan Flash, karena Flex tidak menggunakan timeline. Flex hanya terfokus pada satu sisi yakni RIA Component. Karena pada Adobe Flex kita hanya disuguhkan component berupa Form, Accordion, TabBar, MenuBar, dll.

Adobe Flex tetap memiliki kesamaan dengan Adobe Flash yakni source code dari Adobe Flex yang berupa file mxml di kompilasi menjadi file swf. Dengan Flex, kita tidak perlu lagi menuliskan script stop() pada timeline, karena hal tersebut sudah diatur oleh Flex SDK(Software Developer Kit).

Bagi yang sudah mengenal Java2Enterprise dengan JSTL atau Struts Frameworknya atau ASP dotNet, pasti mudah menguasai syntax bahasa Flex ini. Adobe Flex datang ke dunia RIA didukung dengan teknologi Action Script 3.0 yang sudah mengusung OOP(Object Oriented Programming).

Untuk membuat sebuah aplikasi flex, cukup menggunakan editor sederhana seperti Notepad atau editor-editor text lainnya. Namun, membangun aplikasi Flex menggunakan text editor biasa tidaklah cukup, karena untuk mengatur tampilan dari aplikasi kita secara langsung, kita membutuhkan sebuah IDE(Integrated Development Environment) yakni Flex Builder yang trial :( . Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan Flex IDE yang gratis dan memiliki kemampuan yang sama dengan Flex Builder. Namun saat ini sudah adalah Flex IDE yaitu Flash Develop. Namun seperti yang saya katakan diatas, kemampuan IDE open source ini masih kalah dibanding Flex Builder.

Selain itu, masih ada AIR (Adobe Integration Runtime). AIR berfungsi sebagai solusi untuk flash dan beberapa web content untuk bisa menjadi sebuah aplikasi berbentuk desktop.


Kenapa memakai Flex?

Flex adalah untuk aplikasi

Flex dibuat untuk mempercepat dan mempermudah pengembangan aplikasi internet yang serba bisa dengan berbasis flash player. Termasuk beberapa keefektifitasan dan keunggulannya, component component yang bisa dimodifikasi untuk mengkonfigurasi aplikasi secara cepat dan sederhana. Aplikasi yang dihasilkan bisa berjalan di browser ataupun didesktop (Air), jadi dengan sekali membuat aplikasi kita bisa menyajikan untuk orang yang terbisa menggunakan aplikasi web base dan untuk orang yang terbisa dengan menggunakan aplikasi desktop.

Untuk mempermudah interaktifitas

Flex mempermudah dalam pembuatan aplikasi yang membutuhkan interaktifitas yang tinggi. Ini karena Flex mendukung untuk pemrosesan data, Event arsitektur yang baik, mempunyai beberapa component yang bisa banyak memberikan feedback kepada user. Dan layaknya flash, Flex juga mempermudah dalam pembuatan transisi dan beberapa efek yang memukau.

Untuk kecepatan

Baik dalam saat pengembangan maupun nanti aplikasinya, si Flex ini bisa mempercepat waktu pengembangan dan nantinya aplikasi yang dibuat si Flex ini tidak akan terlalu besar dan menghabiskan banyak memori. Karena Flex menggunakan Action Script 3.0 bahasa pemrograman flash terbaru. Dengan AS3 ini aplikasi akan lebih responsive tidak memberatkan dan tidak terlalu banyak memakan resouce.

Flex Free

Meski Adobe Flex Builder 3 (visual editor for Flex) berbayar, tapi Flex framework gratis.Flex dapat dikembangkan hanya dengan menggunakan text editor bisa seperti Notepad dan mengkompilenya dengan commandline.

Flex open source

Layaknya teknologi-teknologi opensource yang lain, karena banyaknya pengembang dan beberapa komunitas yang mengembangkan maka Flex akan menjadi teknologi yang terus berkembang (meliputi framework dan compiler).

Untuk pemrosesan data

Karena Flex menggunakan flash player, maka tranmisi data tidak akan banyak hilang atau terhambat dijalan dan hasil informasi yang akan didapat oleh user akan lebih cepat. Flex juga secara terintegrasi telah bisa berkomunikasi dengan XML dan java object.Flex juga bisa langsung berkomunikasi dengan ColdFusion.AMFPHP merupakan jembatan antara php dan Flex yang bisa dijadikan alternatife untuk komunikasi data.

Sekarang kita akan langsung menginstal Adobe Flex Builder yang trial :mrgreen: .

Double klik untuk menginstall, lalu next seperti biasa sampai Done :mrgreen: .



Adobe ® Flex ® Builder ™ 3 software yang sangat produktif berbasis Eclipse ™ memungkinkan cerdas alat pengembangan coding, interaktif langkah-through debugging, dan desain visual dari user interface layout, penampilan, dan perilaku aplikasi Internet kaya (RIA). Flex Builder 3 is now available in Standard and Professional editions. Flex Builder 3 kini tersedia dalam edisi Standar dan Profesional. Key features include: Fitur utama termasuk:

Powerful coding tools Alat coding Powerfull

Flex Builder 3 is a powerful Eclipse based IDE that includes editors for MXML, ActionScript™, and CSS, as well as syntax coloring, statement completion, code collapse, interactive step-through debugging, and more. Flex Builder 3 adalah IDE berbasis Eclipse kuat yang meliputi editor untuk MXML, ActionScript ™, dan CSS, serta pewarnaan sintaks, pernyataan selesai, kode runtuh, interaktif langkah-through debugging, dan banyak lagi.


Kaya visual layout (Enhanced in Flex Builder 3)

Visually design and preview user interface layout, appearance, and behavior using a rich library of built-in components. Desain visual dan preview user interface layout, penampilan, dan perilaku menggunakan perpustakaan kaya built-in komponen. Extend the built-in components or create new ones as needed. Memperpanjang built-in komponen atau membuat yang baru yang diperlukan.

New in Flex Builder 3 — Interactively set and preview CSS values on any of your components in Flex Builder Design view. New in Flex Builder 3 - preview interaktif menetapkan dan nilai-nilai CSS pada salah satu komponen Anda di Flex Builder Design view.

Interactive data visualization (Enhanced in Flex Builder 3) (Professional edition only) Visualisasi data interaktif (Enhanced in Flex Builder 3) (edisi Professional saja)

Create data dashboards and interactive data analysis by simply dragging and dropping a chart type and linking it to a data source using the Flex charting library. Buat dashboard data dan analisis data interaktif hanya dengan menarik dan menjatuhkan jenis grafik dan menghubungkannya ke sumber data menggunakan grafik Flex perpustakaan. Use the powerful new Advanced Datagrid to enable users to explore complex data. Gunakan datagrid Advanced baru yang kuat untuk memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi data yang kompleks.

New in Flex Builder 3 — Use the powerful new Advanced Datagrid to enable users to explore complex data. New in Flex Builder 3 - Gunakan datagrid Advanced baru yang kuat untuk memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi data yang kompleks. Charts have also been enhanced with new interaction support, a drawing API, and support for multiple axes. Charts juga telah ditingkatkan dengan dukungan interaksi baru, gambar API, dan dukungan untuk beberapa sumbu.


Nih bro contoh tampilan Adobe Flex Builder.

Rencananya mau gw jadiin tema buat PI gw nanti!







Nih contoh tampilan xhtml yang udah jadi dari adobe Flex. keren ya..







Nah sekian dlu postingan dari gw semoga bermanfaat!

Buat temen2 yg udah jago Adobe Fx, tolong ajarin gweee,,, tqu bgt!!

dikutip dari sumber : bongo90.wordpress.com, http://www.adobe.com/products/flex/features/flex_builder/

1 komentar: